Perbedaan Katolik dan Kristen Protestan

lilin natalKatolik berarti umum atau universal. Artinya siapa pun, dari golongan, suku, bangsa, bahasa, dan sebagainya bahkan dari agama apa pun bisa menjadi anggota Gereja Katolik. Artinya Katolik bukan hanya untuk masyarakat kelompok tertentu saja. Apa perbedaan Antara Gereja Katolik dan Kristen Protestan? Berikut ini beberapa perbedaannya: sumber

  1. Secara institusional keagamaan berdiri sendiri-sendiri. Gereja Katolik sedunia berada pada satu pimpinan yaitu Paus/Pope yang berkedudukan di Vatikan, Paus ini merupakan penerus dari paus pertama yakni Rasul Petrus. Sedangkan Gereja Kristen Protestan mempunyai denominasi yang berbeda-beda/aliran yang banyak sekali dan setiap denominasi memlikiki kebijakan masing-masing.
  2. Kitab Sucinya ada perbedaan. Gereja Katolik memiliki Alkitab dengan jumlah kitab 73 kitab. Sedangkan Kristen Protestan Alkitabnya berjumlah 66 Kitab. Ada bagian yang oleh Katolik diakui sebagai Kitab Suci, tetapi oleh Kristen Protestan hanya diakui sebagai apokrip.
  3. Kristen Protestan hanya mendasarkan ajarannya pada satu sumber yaitu Al Kitab. Sedangkan Gereja Katolik mendasarkan ajarannya pada 3 sumber: Al Kitab, Tradisi, dan Ajaran Gereja.
  4. Gereja Katolik mengakui adanya orang-orang kudus (santo dan santa), Gereja Kristen Protestan tidak mengakui hal tersebut.
  5. Gereja Katolik menggunakan tanda salib dalam berdoa, Kristen Protestan tidak menggunakannya.

Lebih jelasnya dalam bentuk tabel ini:

Gereja Katolik

  1. Berada dalam satu pimpinan yaitu Paus yang berkedudukan di Vatikan. Paus ini merupakan penerus dari paus pertama yakni Rasul Petrus

  2. Kitab Suci: 73 Kitab

  3. Sumber Ajaran: Kitab Suci, Tradisi, Ajaran Gereja

  4. Mengakui adanya orang kudus/santo-santa dan malaikat.

  5. Doa menggunakan tanda salib di dahi, perut, bahu.

  6. Percaya dengan Rahmat Allah dan usaha manusia.

  7. Percaya dengan doa untuk orang yang sudah meninggal.

  8. Pimpinan Gereja (Pastor) tidak menikah.

  9. Liturgi/tata peribadatan di seluruh dunia sama.

  10. Dan lain-lain.

Kristen Protestan

  1. Mempunyai denominasi yang berbeda-beda/aliran yang banyak sekali dan setiap denominasi memliki kebijakan masing-masing.

  2. Kitab Suci: 66 Kitab

  3. Sumber Ajaran: hanya Al Kitab

  4. Tidak mengakui adanya orang kudus.

  5. Doa tidak menggunakan tanda salib.

  6. Keselamatan merupakan predestinasi atau takdir. Usaha manusia tidak berarti apa pun. Hanya dengan iman orang bisa selamat. Perbuatan baik tidak bisa membuat orang selamat.

  7. Tidak berguna mendoakan orang yang sudah mati.

  8. Pimpinan Gereja (Pendeta) bisa menikah.

  9. Tata peribadatan berbeda-beda untuk setiap gereja/denominasi.

  10. Dan lain-lain

 

Baca Juga Artikel Lainnya…

Iklan